Dunia internet saat ini bukanlah sesuatu yang sulit, patut di syukuri sudah banyak pengusaha yang melek internet. Banyak para pengusaha yang juga bisa membuat website sendiri dan bahkan memiliki staff atau tim yang khusus mengurus website dan pemasaran online websitenya.

Padahal dulu pengusaha kecil beranggapan tidak perlu membuat website karena tidak perlu memiliki website untuk usahanya. Banyak juga pengusaha yang berpikir bahwa website itu butuh investasi yang mahal, sehingga merasa website itu menjadi prioritas terakhir.

Kalo kita cermati, pemikiran tentang website sepertinya tidaklah benar. saat ini justru banyak pengusaha yang menikmati hasil dari memiliki website ini.

Beberapa alasan bahwa usaha dan bisnis harus memiliki website tanpa melihat seberapa besar kecilnya usaha yang Anda punya.

image
pengguna internet Indonesia

1. MENINGKATKAN KREDIBILTAS USAHA

Data survey pengguna internet di Indonesia tahun 2014 adalah 107juta, dan tahun 2015 adalah 139juta. Artinya calon konsumen Anda banyak yang menggunakan internet sebagai media pencarian barang dan jasa.

Jika Anda merasa sebagai pengusaha kecil, maka dengan memiliki website kredibilitas Anda akan meningkat di mata konsumen Anda. Konsumen Anda akan pindah ke pesaing Anda jika produk dan jasa Anda tidak ditemukan disaat mereka cari dan butuhkan.

2. INVESTASI YANG RENDAH, COST SAVING

Munkin Anda berpikir belum saatnya memiliki website karena daktor biaya. Padahal biaya pembuatan website untuk usaha kecil saat ini cukup murah, dengan biaya mulai Rp 650rb Anda sudah dapat memiliki toko online sendiri. Untuk website profile ukm pun tidak jauh berbeda. Dengan memiliki website banyak informasi produk dan jasa yang bisa Anda tampilkan dalam website Anda. Jika Anda terbiasa memasang iklan di media cetak, berapa yang mesti Anda bayarkan untuk iklan baris dengan beberapa kalimat saja?

3. INFORMASI CEPAT TERSEBAR

Jika memiliki produk baru, dengan mudah dan murah Anda kelola dalam website Anda. Calon pelanggan pun akan memperoleh informasi terbaru dari usaha Anda. Tidak lagi harus mencetak katalog baru, karena informasi bisa didapat dengan mudah dan tersebar dalam website Anda.

4. TIDAK ADA HALANGAN

Dengan memiliki website, manfaat lain yang bisa Anda dapatkan produk dan jasa Anda dapat dengan mudah dilihat oleh banyak calon pelanggan (data survey diatas pengguna internet Indonesia mencapai 139juta orang), tanpa halangan atau batasan kota, provinsi bahkan negara.

Website Anda akan melayani pelanggan Anda selama 24 jam. Layaknya kantor sendiri yang buka dan melayani pelanggan Anda kapan pun dan dimana pun.

5. WEBSITE BISA MENGHEMAT WAKTU

Manfaat lain dari website adalah bahwa website akan membantu menghemat waktu Anda. Saat pelanggan masuk ke dalam website Anda, mereka tidak perlu banyak bertanya hal yang sudah umum dalam produk Anda, semua bisa mereka dapatkan dari informasi yang ada dalam website Anda. Tidak lagi banyak waktu untuk bertemu muka hanya untuk menanyakan produk apa saja yang Anda miliki. Tidak perlu mengurimkan katalog yang Anda cetak dengan mahal di percetakan, karena bisa mereka baca dari website Anda.

Demikian sekilas mengenai manfaat memiliki website untuk usaha Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *